Rabu, 04 April 2012

Post It

Tadi,, waktu lagi beres - beres ruangan, banyak post it yang berserakan. Post it ini fungsi nya memang sebagai penanda untuk tanda tangan. Biasanya warna nya kuning soft, ada juga yang warna warni, ada juga yang pake tulisan "sign here" . Post it memiliki fungsi yang cukup penting di unit tempat ku bekerja, maklum tanda tangan hampir - hampir selalu dilakukan tiap saat, dengan jumlah kertas yang ditanda tangani tidak sedikit.

Mengambil pelajaran dari keberadaan pos it ini, aku jadi berfikir, segala sesuatu memang memiliki manfaat dan mudharat nya masing - masing. Begitu juga dengan post it. Manfaat dari post it ini jelas! dapat memudahkan seseorang dalam menandatangani suatu berkas, misal dari sekian ratus halaman, maka si penandatangan tidak perlu membuka lembar demi lembar untuk menemukan di lembar mana ia harus tanda tangan. Dengan begitu waktu menandatangani dapat lebih singkat, sehingga berkas dapat segera ditindak lanjuti yang pada akhirnya akan mempercepat proses suatu pekerjaan.
Tapi... ternyata selain mempercepat pekerjaan, post it juga memiliki dampak negatif. Apa itu? ya jelas.. karena si penandatangan yang notabene adalah pejabat yang memiliki otoritas suatu pekerjaan, dia akan langsung menuju ke halaman dimana post it itu ada. Jarang sekali para pejabat tersebut membuka lembar demi lembar untuk memeriksa isinya, apakah sudah benar atau belum. Mereka lebih sering langsung tanda tangan. Ke-valid-an berkas sudah dipercayakan kepada bawahan yang membuat berkas tersebut. Post it telah memanjakan kita, sehingga fungsi controlling terhadap berkas berkurang. 

Untungnya, masih banyak pejabat pejabat yang walau sudah dibantu adanya post it, mereka tidak serta merta menandatangani berkas yang ada dihadapannya, tapi terlebih dahulu mereka memeriksa tiap lembar dan membubuhkan paraf di bagian kanan bawah di tiap lembar tersebut. Fungsinya adalah menunjukkan bahwa pejabat tersebut telah membaca dan menyetujui isi dari lembaran - lembaran berkas yang akan ditanda tanganinya.

Simpel sebetulnya, hanya sebuah kertas berwarna kuning dan paraf sederhana ditiap lembar berkas. Namun memiliki arti yang sangat besar. Disitu ada fungsi kontrol, ketelitian yang berujung pada pertanggungjawaban sebuah pekerjaan. Hikmahnya, jangan sepelekan suatu hal yang kecil, karena setiap yang kecil adalah bagian dari yang besar, dan sekecil apapun perbuatan itu, pasti bermanfaat dan berpengaruh pada sesuatu yang besar. ^__^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar