Selasa, 10 Mei 2011

hidup itu runtutan sebab akibat

"jangan pernah menyepelekan kebaikan sekecil apapun"

itu adalah pelajaran yang kali ini aku dapatkan dari membaca sebuah buku yang ditulis oleh tere liye, judul dari buku itu "rembulan tenggelam di wajahmu" -monggo bagi yang belum punya silakan cari di toko buku terdekat (lha malah promo?!)-

setelah membaca kisah tokoh yang ada disana, aku jadi berfikir bahwa hidup itu memang runtutan sebab akibat, maka sekecil apapun jangan pernah sepelekan kebaikan. maksutnya?!? suatu kejadian yang menimpa diri kita, entah itu menyenangkan atau tidak, bisa jadi merupakan penyebab orang lain melakukan suatu kebaikan. dan tentu saja perhitungan Tuhan tidak pernah meleset sedikitpun.

mungkin pernah kita mengalami kejadian yang tidak mengenakan,tidak menguntungkan atau bahkan tidak kita inginkan. tapi disisi lain, bisa jadi dari kejadian yang kita alami itu, Tuhan menjadikan orang lain berbuat baik. mata kita mungkin terlalu lemah untuk bisa melihat akibat dari perbuatan kita, tapi mata Tuhan maha dahsyat.

dengan tulisan ini, mudah2an kita bisa menjadi orang yang lebih ikhlas dalam menerima segala bentuk ketetapan Tuhan. tidak kenal lelah untuk berbuat baik dan berprasangka baik padaNya. bahwa segalanya tak ada yang sia-sia bukan? ;)

1 komentar: