Selasa, 11 Oktober 2011

Hargailah tiap pemberian

Pembelajaran kali adalah tentang "Menghargai pemberian". Ceritanya, ada temen yang dateng ke kantor. Dia minta tolong difotocopy-kan salah satu materi brevet yang hari Rabu depan akan dibuat ujian. Ternyata sang teman bawa bungkusan yang isinya itu pisang. Pisang.. buah yang aku ga suka! aku kira si temen ini abis beli pisang dan mau dibawa pulang ke rumah, langsung aja aku tanya "Seneng maem pisang yo mba?" jawab si teman "iya mbar.. aku seneng.." lah! serta merta kok ya aku ngomong "angger aku lah ora doyan loh mba.."

Si teman ini ya ekspresi nya biasa aja tuh waktu aku ngomong begituan,, ternyata.. waktu si teman pamit pulang dia ga mbawa bungkusan itu balik, spontan aku panggil dong, aku kira dia lupa dan bungkusan buah pisang itu ketinggalan. "Mba.. pisange ketinggalan" kata aku,, eeeeh si teman bilang "ora mbar.. kuwe gedange nggo kowe.. nggo wong umah" cengiiiiiiiirrrrrrr http://www.smileycodes.info mak jlebb banget rasane. Aku ga kepenaaaaaaaak banget sama temenku itu. Haduuuuh.. makin ga enak lagi ternyata si teman sms abis nyampe rumah "Pisangna dibawa ke rumah ya? Kenapa ci ga suka pisang? aku kawit cilik nyangding kebone dadi wis bosen. He3" gitu bunyi smsnya. Deuuuh.. makin ngerasa bersalah ni aku, dengan memutar otak aku bales sms nya "hehe.. ga kok mba,, aku sing pisang iki tah doyan, sing ora doyan sing pisang ambon" -seriusss aku ga bo'ong!-

Hm.. pelajaran yang aku petik dari pengalaman ini adalah, "Hargailah tiap pemberian" , terima apa yang menjadi pemberian orang lain pada kita dengan hati yang senang. Mau pemberian itu adalah hal yang kita senangi atau engga' tapi berusahalah untuk tidak mencela apa yg orang lain berikan. Biarlah dikatakan munafik, toh niat kita adalah menyenangkan hati orang lain bukan? bayangin aja.. kalo kita udah niat baik ngasih sesuatu ke orang lain, kok orang yang kita kasih itu ga seneng sama apa yg kita beri. Sedih khan? hmm.. makanya mulai sekarang belajarlah buat nge-rem mulut. Mending diem daripada mencela. Apapun itu.. http://www.smileycodes.info diam saja daripada kata2 yang keluar dari mulut itu menyakiti orang lain.

1 komentar:

  1. "hehe.. ga kok mba,, aku sing pisang iki tah doyan, sing ora doyan sing pisang ambon" -seriusss aku ga bo'ong!- => tenanan opo nglombo nggo kebaikan kiye mbar?

    BalasHapus