Rabu, 23 Juli 2014

DTSD KN II

Sepuluh hari mengikuti DTU,, kami para KN'ers lanjut mengikuti DTSD. Kali ini berbeda jauh dengan DTU, DTSD 100% kegiatan ada di kelas. Seperti kuliah biasanya, jadwal dimulai jam 8 pagi dan selesai jam 5 sore (kadang lebih malah.. sering nya sie :D). Ada keuntungan tersendiri buat aku selama DTSD ini, tempat kuliah yang diadakan di kampus STAN bikin aku bisa pulang pergi tiap hari tanpa harus menginap di asrama. Maklum.. waktu itu aku lagi mabok - mabok nya, mbayangin asrama atau ngeliat pintu asrama itu bawaannya udah pengen muntah. Walhasil selama tiga minggu lebih, my roomamate, Zulfa, ga ada temennya, (maafin aku ya Zulfaaaa :( ).

Jadwal diklat kali ini padat loh kawan - kawan, hampir setiap hari kami pasti ujian. Jadi, misal hari ini kami dapet materi tentang BMN, maka besok pagi sebelum memulai materi baru, kami ujian BMN dulu,, dan seterusnya. Jumlah materi yang disampaikan buanyaakk banget dan keseluruhannya adalah mengenai tugas dan fungsi DJKN. Mulai dari :

  1. Pengelolaan BMN. Ini aku suka bangettt.., modul nya tebel berat seberat barbel nya Agung Hercules, tapi enaknya tuh semua materi nya bisa dinalar jadi modul setebel itu ga untuk dihapal tapi dinalar. 
  2. Ada lagi materi Penilaian, ini adalah favorit nomer dua, modulnya tipis tapi pengembangan dari pengajarnya luas. Karena pengajarnya juga sudah super kompeten di bidang ini, jadi enak banget cara ngajarnya. Lebih ke prateknya di lapangan timbang teori - teori yang ga jelas heheee. 
  3. Sistem Informasi,, ini aku suka karena di dalamnya membahas mengenai alur kerja SIMAK BMN, dan aplikasi - aplikasi lain yang digunakan oleh DJKN.
  4. Pengurusan Piutang Negara, Kekayaan Negara Lain - Lain, Kekayaan Negara Dipisahkan, SIMAK BMN, Manajemen aset, Lelang dan lain - lain.
Semua tugas dan fungsi DJKN disampaikan secara gamblang pada diklat ini. Jadi otomatis selepas dari diklat ini, diharapkan kami para KN'ers sudah tahu apa yang kira - kira menjadi pekerjaan di DJKN nantinya. 




Tantangan terberat dari diklat ini kalo menurut aku ya ada pada tingkat kepadatan ujiannya hahaaaa.. tiada hari tanpa ujian, yang memaksa kami -aku maksutnya :P- buat serius belajar. Alhamdulillah.. ga sia - sia perjuangan temen - temen selama tiga minggu ini, kami lulus..-aku peringkat 2 di kelas,, ayyeeee- walau ada tiga rekan yang harus mengulang ujian DTSD, itu bukan masalah kalo menurut ku. Toh hanya mengulang ujian, dan aku yakin pasti itu akan bisa mereka lewati dengan baik. Selepas ini.. masih ada satu tantangan lagi yang harus kami lewati... apa itu?!? dialah sang diklat yang mempengaruhi pengangkatan kami sebagai PNS, diklat PRAJABATAN...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar