Rabu, 19 Februari 2014

Bus Jemputan

"Bis jemputan yang ku tunggu.. ku tunggu.. tiada yang datang;
 Ku telah lelah berdiri.. berdiri.. menanti nanti;
 Bila ku pergi bersama suami ku,
 Ku kan merasa gembira riang selalu.."

Sedikit lirik lagu "Bis Sekolah" nya Koes Plus -dengan sedikit gubahan oleh diri saya sendiri hahaaa- mengingatkan aku pada pengalaman naik bis jemputan. Apa sih bis jemputan itu? Mungkin sebagian besar orang tau nya bis jemputan itu biasa dipake anak sekolahan untuk antar jemput mereka dari rumah menuju sekolah dan sebaliknya. Tapi jangan salah, di kota besar seperti jakarta ini, fasilitas bis jemputan ga cuma buat anak sekolahan aja, tapi dipake juga sama instansi - instansi pemerintah -aku ga tau kalo perusahaan swasta ada fasilitas jemputan juga apa ga-. 

Berawal dari diterimanya aku sebagai CALON PNS di salah satu instansi pemerintah, dan selama masih berstatus "magang" aku ditempatkan di kantor pusat yang berada di daerah lapangan banteng Jakarta Pusat. Dari tempat tinggal ku sekarang ke kantor jaraknya luuumaaayyyaaannn -luumaayyyaannn jaaauuuhhhhh- dan kalo naik kendaraan umum bisa menggunakan beberapa alternatif angkutan, yaitu : 
  • Alternatif pertama adalah dengan menggunakan CL alias Commuter Line. Aku naik CL jurusan serpong - tanah abang dari stasiun Pondok ranji dan turun di stasiun tanah abang. Dari tanah abang lanjut dengan menggunakan : 
a. Kopaja 502; turun di tugu tani, lanjut kopaja P20 turun depan kantor
b. Mayasari Bakti 547 jurusan Pulogadung/Tanjung Priuk turun tugu tani, lanjut P20
c. Naik ojek, tapi MAHAL bo! 25 ribu.. sekali kali aja ini mah kalo KEPAKSA
d. Naik taksi, hampir sama kaya ojek, cuma agak keren dikit lah, kalo pake ini juga sekali kali aja, kalo KEPAKSA!

Aku biasanya pake pilihan (a) karena lebih banyak armada 502 nya, dan kalo aku bisa pake CL yang jam 6 kurang 10 pagi, biasanya jalanan masih belum macet, jadi kalo naik 502 masih bisa agak santai nantinya. Beda lagi kalo naik CL yang jam 6 lebih 13, itu sudah dipastikan aku telat alias TL 1. Datang telat, berarti pulang juga telat. Walaupun telat satu menit, nggantinya harus setengah jam. Kalo g mau ganti, siap2 aja tunjangan dipotong 0,5% -emaaaaaak T____T-. Aku pilih naik CL yang pagi aja jam 6 kurang, biar ga terlalu terburu - buru, lebih santai dan pastinya terbebas dari TL-1. Walaupuuuuun itu berarti siap umpel-umpel, desek-desek an sama sesama penumpang CL yang juga mau berangkat kerja. Maklum lah yaaa jalur CL yang aku naiki ini adalah jalur satu satu nya bagi mereka yang bekerja di Jakarta dari serpong dan sekitarnya. Dan memang sebagian besar orang yang kerja di Jakarta, tinggalnya di Serpong, Depok, Bogor. Jadi bayangin aja bagaimana padat nya CL menuju daerah daerah tersebut pada jam berangkat dan pulang kerja. WOW banget pokoknya. Yaaah bersyukur aku dikasih badan yang minimalis sama Allah, jadi aku tetep bisa nyempil ditengah ketek orang orang -emaaaaaaaaaaaaaaaaaaak T_____T-, yaah itung itung latian thawaf juga lah, bisa jadi besok waktu haji dan/atau umroh juga empet empet an gitu situasinya.
  • Alternatif kedua dengan menggunakan kopaja P20 dari lebak bulus. Tapi kalo pake alternatif ini, haduuuuuuhhhh macet nya ga karu-karuan, waktu tempuh paling cepet itu dua jam, dan itu artinya aku harus sudah naik P20 jam setengah 6 pagi, yang artinya juga aku harus berangkat jam 5 kurang dari rumah, karena jarak dari rumah ke lebak bulus kurang lebih setengah jam-an. Belum lagi bisik bisik tetangga yang bilang kalo P20 itu sarangnya copet. Dari 5 penumpang, mungkin 3 diantaranya copet -What?!?!? yang bener ajeeee-.
  • Alternatif ketiga adalah dianter sama yayang suami  -ga mungkin banget ini mah, sama aja ngerjain suami kalo anter jemput tiap hari,, hiksss-
Sebetulnya masih ada satu alternatif lain, yaitu naik bis jemputan. Tapi aku belum dapet info tentang bis jemputan yang berangkat dari Bintaro ke kompleks kantor lapangan banteng. Sebagian besar bis jemputan yang ada di bintaro (Kampus STAN) itu adalah bis jemputan untuk kantor pajak dan bea cukai. Hikssss... aku gimanaaaa T____T. 

Ditengah ke-tak berdaya-an ku naik CL -ampirr tiap hari dibikin nangis sama CL, apalagi pas jam pulang. Udah kaya ikan asing dempet dempet an siap dipanggang disebuah oven besar bernama gerbong CL dan ditambah dengan seringnya wesel rusak, sehingga jadwal pemberangkatan kacau, jadilah kita hampir satu jam-an dalam keadaan yang sangattttt menyebalkannnn itu- akhirnya aku -suami ku denk!- mendapat informasi mengenai bis jemputan. Waktu itu suami lagi ngobrol sama Abi nya Haifa -tetangga rumah- dan cerita cerita tentang keadaan istrinya yang memprihatinkan ini -hoekkk lebaynyaah-, dari situ abi Haifa kasih info bahwa istri temennya ada yang mau cuti melahirkan dan sekarang dia naik bis jemputan ke lap. banteng -kebetulan aku sekantor sama istri temen abi Haifa itu-. Nah aku dikasih kontak nya dan ternyata bener.. Alhamdulillaaaaaaaaah aku bisa nggantiin posisi dia di bis jemputan -berkah silaturahmi sodara sodara, aku terharuuu T___T terimakasih ya Allah, terbebas juga aku dari predikat TRAINER :D-.

Naik bis jemputan, berangkat dari Kampus STAN jam setengah 6 -awalnya jam 6 kurang seperempat, tapi mepet terus gara gara musim hujan-, sampai kantor jam 7 kurang seperempat, masih bisa aktivitas non kantor lah sampai setengah 8 pagi. Pulang jam 5 sore, dan kalo traffic bersahabat, jam setengah 7 udah sampe -yeyeyeeeeeeeeeee!!!!!-. Mana bis nya baru, nyaman, di bis bisa bobo.. aaaah badan ga capek pokoknya.

Ini adalah salah satu bentuk rejeki juga buat aku dari Allah. Allah beri kemudahan aku dengan transportasi yang aman dan nyaman, yang memudahkan aku untuk bisa berangkat kerja, beribadah, tanpa perlu susah payah, dan yang lebih menyenangkan lagi, berhubung aku masih berstatus anak magang, biaya iurannya dikorting 50% yeyeyeyeye.. Alhamdulillah lagiiiiii.... makasih ya Allah.. :-*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar