Selasa, 25 Februari 2014

First day in my OJT's journey

Mohon maaf sebelumnya buat para pembaca-er blog saya ini kalo kalo alur cerita yang saya posting di blog ini ga jelas, apakah alur maju, alur mundur, atau alur campuran. Mungkin lebih tepatnya adalah alur setrikaan alias maju mundur wkwkwkwk -Betewe maaph2 lagi ini kok saya kePDan banget yaaa minta maaph ke para pembaca, emangnye ade yg mbaca hah?!? hmmphh ya maaphkan saya lagi atas ke-Over PD-an nya saya hiksss-.

Langsung aja ke cerita ya! Hari itu, Jum'at 10 Januari 2014. Hari dimana aku dan teman teman seperjuangan CPNS'er Kemenkeu dijadwalkan untuk melakukan pelaporan ke unit eselon I nya masing - masing. Aku ga tau yang dimaksut "lapor unit" tuh kaya apa. Pikir ku ya cuma dateng, menghadap ke Kepegawaian, bilang kalo saya sudah hadir dan siap OJT, lalu pulang. Tapi ternyata diluar dugaan. Kami -para DJKN'er- langsung mendapat arahan dari Pak SesDitjen dilanjut dengan pembagian tempat OJT dan langsung ngendon di ruangan kita masing-masing. Uwaaaaww! dan waktu itu juga langsung dapet kabar kalo hari senin tgl 13 Januari kami sudah mulai efektif bekerja-OJT maksutnya-. Aku langsung mbayangin gimana riweuh nya temen-temen yang berasal dari luar Jakarta, luar pulau Jawa pula. Mereka harus mencari tempat kos dalam waktu singkat. Aku sendiri sebetulnya juga belum siap untuk langsung OJT di hari Jum'at itu. Memang kondisi badan saat itu lagi ga' iye! sakit kepala ku kambuh, gara-gara keujanan waktu pemberkasan fisik kemarin, ditambah lagi telat makan siang, sampe rumah ngantuk jadi cuma ngeringin badan -tanpa mandi- langsung tidur. Otomatis dihari berikutnya aku langsung teparrr.. ga bisa gerak karena kepala rasanya sakittttt banget kalo gerak dikit aja. Tapi Alhamdulillah, Allah beri kemudahan dihari pelaporan itu, sakit kepala ku sudah sedikit reda. Bisa buat nengok, bisa diajak jalan, bisa naik lift! Alhamdulillah.

Oiya, aku ditempatkan di sebuah bagian di bawah Sekretariat Direktorat Jenderal (SesDitJen) yaitu di bagian OKI (Organisasi dan Kepatuhan Internal). Waktu aku tahu ditempatkan dibagian itu, aku merasa bersyukur dan yakin bahwa tempat ini adalah yang paling baik buat ku menurut Allah. Dan ternyata memang benar, terlepas dari kekurangan - kekurangan yang pasti disetiap unit kerja ada, aku merasa tempat ini baik untukku. Aku bisa banyak belajar, mengamati, memahami, tidak hanya seputar ke-organisasian, ke-tata laksana an, atau ke-KI-an saja. Tapi lebih dari itu, aku bisa belajar tentang "budaya kerja". Seperti apa budaya kerja yang ada disini. Aku teringat pesan yang disampaikan oleh Pak Dwi selaku kasubag mutasi bagian Kepegawaian, kata beliau "Kemenkeu memiliki 5 budaya kerja, kalian harus pegang teguh itu. Kalau nanti pada kenyataannya kalian banyak menemui ketidaksesuaian dengan budaya kerja, maka yang harus kalian jadikan patokan adalah budaya kerja, bukan apa yang kalian liat". Wowww sepertinya si Bapak sudah mewanti-wanti kami seandainya kami melihat ketidaksesuaian nih. 

Oke.. dan inilah hari pertama perjalanan OJT ku. Masih dalam masa adaptasi, belajar dan lagi lagi, mengamati. Seperti apa aku seharusnya disini, mengira - ira apa yang nantinya bisa aku kontribusikan Seandainya aku ditempatkan disini. Inilah hari pertama perjalananku di instansi pemerintahan, pengalaman pertama bekerja diluar dunia swasta, banyak yang aku bandingkan antara tempat kerja lama dengan instansi baru ku ini. Aku bandingkan, dan memang berbeda! bukan berarti disana lebih baik daripada disini, atau sebaliknya. Tapi memang karena core bisnis yang berbeda, sehingga membuat perbedaan yang memang tidak bisa dibandingkan. 

Aku berharap, nantinya, aku bisa ditempatkan disini, di kantor pusat, di direktorat atau di bagian apapun, semoga aku bisa menjadi pegawai yang produktif. Sehingga waktu yang aku gunakan bisa manfaat, rejeki yang aku bawa pulang berkah,, aamiin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar