Selasa, 18 Februari 2014

Yiaaaaaaaaayyyyy!!! Aku Luluuuuuuuuussss




Alhamdulillahirobbil'alamiin.. Minggu kemarin itu adalah minggu yang menyenangkan buat aku. Kenapa eh kenapa? karena eh karena -kaya lagu nya Bang Oma- AKU LULUS TAHSIN I dan NAIK KE TAHSIN II Ayyyeeeeeeeeeeeeee.. ups! Alhamdulillah maksutnya. Kenapa sih kok seneng banget naik kelas Tahsin aja. Jadi begini ceitanya. Semua ini berawal dari kegiatan suami. Dia dari sebelum nikah udah belajar tahsin. Apa sih tahsin itu? tahsin adalah memperbaiki bacaan Al-Qur'an. Jadi kalo belajar tahsin ya artinya belajar memperbaiki bacaan Al-Qur'an. Itu berarti buat mereka yang belum bisa baca Qur'an gitu? Hmmmmm... Jadi, target dari belajar tahsin adalah, membaca dengan lancar dan membaca dengan benar. Jadi membaca lancar saja belum cukup. Yang terpenting adalah sudah benar apa belum bacaannya.

Berawal darisitulah, akhirnya aku juga ikut belajar Tahsin. Kami pertama belajar di YISC (Youth Islamic Student Center) Al Azhar Blok M. Disana kami belajar tahsin menggunakan metode Balqis. Terus terang, disana metode belajar nya enak. Tim pengajarnya mumpuni, dan juga ga cuma belajar tahsin aja, tapi juga SII alias Study Islam Intensif, ditambah dengan kegiatan kegiatan lain yang tentu akan menambah ilmu kita tentang islam, menambah pengalaman kita dalam berorganisasi juga. Tapi aku kurang cocok disitu, bukan karena apa - apa. Karena waktu nya saja yang aku kurang cocok. Dari pagi sampai siang, aku sampe rumah itu sore. Ga tau kenapa -mungkin karena kecapekan, karena faktor U kalee- selalu setelah aku pulang ngaji, pasti sakit! Heran! makanya aku jadi ogah - ogah an deeeeh berangkat ngaji nya. Karena keseringen ga berangkat ngaji, jadilah aku ga ngerti dengan tahsin itu apa, bacaan ku bener apa ga, gara - gara keseringen bolos siiiiii.

Setelah itu, di masjid An Nashr Bintaro tempat biasa aku sholat -sambil nunggu jemputan suami biasanya- ga sengaja aku baca spanduk bertuliskan "Membuka pendaftaran siswa baru program Tahsin untuk ikhwan dan akhwat blablablabla..." yang disitu juga tertera nomor handphone untuk pendaftaran. Aku langsung aja mengirim SMS dengan format pendaftaran yang sudah ditentukan. Aku daftar buat aku sendiri dan suami ku. Kebetulan di AA (Al-Azhar) suami sudah lulus, dan aku?!? aku ga lanjut ke semester berikutnya heheeeee. Jadi kami pindah tempat ngaji nya. 

Tibalah saat placement test. Aku diminta membaca sepotong - sepotong ayat yang ditunjuk oleh penguji. Entah apa maksutnya, mungkin dari situ bisa dilihat aku cocok untuk masuk kelas mana. Oh iya, for your information yaaa dulu waktu di AA, aku masuk kelas C. Katanya siii kelas C itu kelas yang bagus, jadi urutan ke-bagus-annya itu mulai dari A,B,C dan aku dapet kelas C, Alhamdulillah.. Uhhhhuuukkk -tetep aje ga pernah berangkat!! hufhhh (_ _#)-. Seminggu kemudian keluar pengumuman, aku masuk di kelas nya Ustzh Widya. Dan saat itu diadakan kuliah perdana. Semacam perkenalan tentang apa itu FHQ (Forum Halaqoh Qur'an) An Nashr. Aku baru tau bahwa tahapan seseorang itu bisa dikategorikan benar bacaan qur'an nya adalah Baghdadiyah (bagi yang masih belum lancar bacaan qur'an nya), Tahsin I, Tahsin II, Takhossus dan terakhir Tahfidz. Aku masuk tahsin I, Alhamdulillah untuuuuuuuuuung g masuk baghdadiyah hehehehe. 

Seiring berjalannya waktu belajar di FHQ An Nashr, aku makin sadar bahwa bacaan Qur'an ku itu superrrrr carut maruttttt. Aku masih salah dalam pengucapan huruf Ghoin, Dza, Kho dan masiiiiiiih banyak lagiiiii -malunya sayaaahhh, saya kira selama ini bacaan ku udah oke oke aja hikssss-. Belum lagi kalo ngomongin ghunnah, Wow!! makin kosong melompong lah saya. Jangankan ngomongin ghunnah, wong kalo baca aja suka dibelakangnya itu seperti ada hamzah nya. Misal harusnya A, Ba, Ta ,Tsa.. itu dibaca A', Ba', Ta', Tsa' dll, kata guru nya si itu kesalahan yang sudah umum karena kebiasaan pengajaran membaca Al-Qur'an di TPA TPA sejak kecil dulu. Ahhhh intinyaaa bacaan ku yang aku kira udah bener, itu semua salah sodara sodara. Bacaan ku masih carut marut. Tapi Alhamdulillah, aku menemukan tempat yang pas dan cocok untuk belajar. Pas waktunya (cuma dua jam dari jam 7 sampe 9 pagi), pas lokasi nya (deket cint dari rumah), pas metode belajarnya, pas juga biaya kuliahnya hahahahahaha..

Satu semeseter belajar tahsin disitu, sedikit demi sedikit bacaan ku mulai terdengar "agak" bener heheee. Makhrojul huruf (tempat keluarnya huruf) sudah bener. Sudah bisa membedakan kho dengan gho. Sudah bisa membedakan Shod dengan sin. Sudah bener ghunnah nya. Sudah mengenal bacaan bacaan ghorib. Sudah bisa membaca huruf muqatha'ah, sudah bener mad nya, sudah mulai sensitif ini telinga ketika mendengar orang lain membaca Al-Qur'an dan ghunnah nya belum bener, huruf ba dan jim nya masih keluar nafas -harusnya ga keluar nafas-. Pokoknya jadi sensitiiiiiiiiiiiiif banget hahahahaha. Dan tibalah saat nya UAS -sebelumnya dah ikutan UTS dan aku dapet nilai 95 yeyeyeyeyeyeyyyyyy!!! Alhamdulillah :D -. Waktu UAS ini terus terang aku ga belajar. Soalnya waktu itu bertepatan dengan jadwal long holiday sih wkwkwkwkwk -alesyannn- jadilah aku belajar hanya semalam, dan keesokan harinya waktu ngerjain soal tertulis nya aku ng-Blaaaaankk!! Whaaatttt Help Me Allah.. hikssss. Soal tertulis aku kerjakan se-inget- ku aja. Waktu ujian tilawah Alhamdulillah, aku yakin nilainya jauh lebih baik daripada nilai ujian tertulis ku.

Aku ga tau apakah aku lulus dan naik kelas atau ga. Yang jelas, aku pengeeeeeeeeeeeeeen banget naik kelas ke Tahsin II. Aku penasaran, kaya apa sih Tahsin II itu, perasaan di Tahsin I aku udah dapet materi yang lengkap kap kap. Dan Alhamdulillah, pengumuman pun tiba. Berbekal pinjem mata nya tante cepe heheee maksutnya tante cepe yang ngeliatin pengumuman, dia ngabarin kalo aku lulus dan naik ke Tahsin II dengan ustazah Retno. Suami ku juga lulus dan lanjut ke Tahsin II. Alhamdulillah ya Allah.. semoga ilmu kami bermanfaat dan makin cinta pada surat cinta-Mu. Aamiin :-*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar